Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus

Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus

 

Apa Itu Mata Minus ?

Mata minus atau rabun jauh dalam dunia medis dikenal dengan nama miopia. Gangguan ini dapat menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat suatu objek dengan normal, terutama objek jarak jauh. Adapun penyebab mata minus ini antara lain adalah :

  • Terjadinya stres mata yang yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas atau kegiatan yang mengakibatkan otot-otot mata menjadi kurang elastis. seperti kegiatan membaca, maupun menatap layar tv atau komputer dengan jarak yang terlalu dekat.
  • Karena faktor turunan, dimana ada salah satu keluarga yang terdahulu pernah mengalami gangguan yang sama.

Untuk mengatasi gangguan mata minus, kebanyakan para dokter akan menyarankan pasien untuk menggunakan alat bantu berupa kaca mata maupun lensa kontak khusus. Jika kondisi pasien parah, maka dokter bisa saja menggunakan metode operasi untuk mengatasinya. Seseorang yang mengalami gangguan mata minus dapat mengalami peningkatan resiko frekuensi minus dari waktu ke waktu. terutama apabila masih berada pada masa pertumbuhan. Mengerikan bukan?

Berikut penyebab / hal – hal yang dapat merusak penglihatan mata , khususnya penyebab rabun mata atau mata minus :

  • Kurang mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata
  • Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan pola hidup yang buruk dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata bahkan dapat merusak mata. Seperti : membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.
  • Sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor.
  • Banyak mengonsumsi gula yang terlalu banyak. Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula. Ternyata makanan manis dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.
  • Terlalu sering berada didepan layar televisi maupun komputer. jika anda terlalu sering menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus apalagi jika anda terlalu dekat berada didepan layar komputer dan televisi. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk mata.
  • Faktor keturunan juga tetap berperan namun bukan penyebab utama.

Cara Mencegah Rabun Mata / Mata Minus

  • Berilah jarak yang cukup antara mata dengan objek yang dilihat baik saat membaca atau menggunakan komputer.
  • Gunakan pencahayaan yang cukup terang dan jangan membaca dalam suasana remang atau redup.
  • Sebaiknya tidak membaca sambil tiduran, karena posisi ini akan membuat mata cepat capek akibat jarang pandang yang berubah-ubah membuat mata menjadi tidak fokus.
  • Usahakan jangan terlalu lama berada di depan komputer, sebaiknya setiap dua jam sekali mata diistirahatkan dengan cara memejamkan mata selama 10 menit atau melihat pemandangan yang hijau selain layar komputer.
  • Mengurangi makanan yang tinggi protein karena diduga bisa menambah minus pada mata.
  • Mengosumsi segala jenis sayuran dan buah-buahan.

 

Cara Mengurangi dan Menyembuhkan Mata Minus

  • Lepaskan kacamata jika dirasa kurang diperlukan, seperti berada di ruangan yang sempit. Lakukan hal ini jika anda masih dapat melihat dengan jelas walau tanpa kacamata.
  • Latih mata untuk melihat objek yang jauh tanpa memakai kacamata. Sebagai contoh, anda dapat pergi ke sawah atau pantai karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh dan luas.
  • Latih mata untuk melihat benda yang bergerak. Sebagai contoh, saat anda berada di jalan raya, amatilah motor yang berlalu lalang di depan anda. Telusuri dan perhatikan tiap gerakannya, usahakan bayangan yang terbentuk adalah utuh.
  • Mengobati mata minus dengan terapi daun sirih. Daun sirih dapat membantu menyembuhkan mata minus dengan cara alami. Caranya juga mudah, bersihkan daun sirih dan tempelkan di kelopak mata saat anda tidur. Lakkan terapi ini secara rutin.
  • Apabila anda bekerja menggunakan komputer, pastikan monitor anda bekerja dengan baik. Selain itu, setiap 30 menit melihat monitor komputer yang menyala, anda harus melihat objek lain seperti keyboard, atau memandang ke luar jendela.
  • Terapi lilin. Lilin juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi tingkat minus mata anda. Caranya sederhana, nyalakan lilin tersebut dan tatap lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Usahakan jangan terlalu sering berkedip sampai banyak air mata yang keluar. Terapi lilin ini sederhana, namun cukup ampuh untuk mengurangi mata minus apabila dilakukan secara rutin.
  • Bersihkan mata secara rutin, bisa menggunakan tetes mata.
  • Memakai kacamata saat berkendara. Hal ini bertujuan agar mata anda tidak bersentuhan langsung dengan debu.

Untuk itu, merupakan hal yang sangat penting bagi orang tua untuk selalu berusaha mengawasi pertumbuhan anak-anaknya. Termasuk selalu berusaha untuk selalu menerapkan cara menjaga mata agar tidak minus bagi mereka. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Menjaga asupan makanan

Jenis asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kesehatan tubuh, termasuk cara menjaga kesehatan mata. Untuk itu, sangatlah penting untuk selalu mengkonsumsi jenis-jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung kebutuhan nutrisi yang baik bagi mata seperti wortel, pisang, pepaya, dan jenis lainnya. Dan selalu Makanan dan nutrisi vitamin terbaik untuk mata 

Selain itu, membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat juga sangatlah penting dalam menjadi mata agar tetap sehat. Asupan karbohidrat yang berlebih dapat mengurangi tingkat ketajaman mata anda.

2. Melakukan olahraga atau senam mata

Sesekali lakukanlah latihan senam mata guna melatih kelenturan atau elastisitas otot-otot mata. Anda bisa memulainya dengan menggerak-gerakkan bola mata anda baik itu ke kiri maupun ke kanan, bisa juga dengan gerakan memutar selama beberapa saat. Langkah lainnya adalah dengan memfokuskan pandangan pada objek yang jauh maupun dekat.

3. Menghindari kebiasaan buruk yang membuat mata stress

Seperti penjelasan di atas tadi, bahwa stress mata terjadi karena otot-otot mata menjadi tegang akibat aktivitas atau kegiatan yang memaksa mata untuk melihat dengan jarak yang dekat, seperti pada saat membaca, menonton tv, main video game, menatap layar komputer, maupun aktivitas lainnya.

4. Minum Suplemen vitamin nutrisi terbaik dan bagus untuk mata 

Suplemen vitamin Nutrisi terbaik dan bagus untuk mata dapat dengan mengunakan Superlutein MIrtoplus . Apa itu Superlutein Mirtoplus  selengkapnya klik link dibawah ini !

 

Buat Anda yang ingin mendapatkan suplemen vitamin nutrisi terbaik dan bagus untuk mata silahkan langsung hubungin CS kami via Telphon/wa/sms/bbm.

You may also like...

%d bloggers like this: