Tips menjaga kesehatan mata

Tips menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata

Kita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia. Kadang kita hanya merawat kecantikan wajah atau yang nampak tertarik didepan orang lain.

Cara menjaga kesehatan mata secara alami sangat mudah dilakukan tanpa biaya tinggi. Mata adalah kedua organ berbentuk bola yang merupakan salah satu organ yang dapat membantu anda melihat dan mempersepsi suatu hal. Dengan mata anda dapat mengetahui apa warna suatu benda, bagaiman bentuknya, atau bisa juga melihat siapa orang – orang yang berada di sekitar anda. Mata memiliki fungsi yang sangat penting bagi anda.

Penyakit Mata

Namun demikian ada beberapa orang lahir dengan kondisi mata yang berfungsi tidak normal, atau seiring bertambahnya usia mengalami penurunan fungsi visual dari mata. Berikut ini beberapa kelainan pada mata :

  1. Kebutaan
  2. Rabun jauh
  3. Rabun dekat
  4. Silindris
  5. Katarak
  6. Buta warna

Beberapa kelainan mata tersebut dapat disebabkan faktor keturunan atau cacat sejak lahir. Namun tidak jarang kelainan mata diperoleh karena kesalahan dalam menjaga kesehatan mata.

Untuk memiliki mata yang sehat ada beberapa hal yang harus diperhatikan, Berikut cara merawat /menjaga kesehatan /Tips merawat mata secara alami 

1. Pemilihan nutrisi yang tepat dari konsumsi makanan sehari – hari.

Hal yang penting sebagai cara menjaga kesehatan mata anda adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, terutama yang mengandung:

  • Omega 3
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Zinc
  • Lutein

Kandungan nutrisi di atas dapat membantu kesehatan mata, dan mengurangi resiko terkena penyakit pada mata anda. beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi :

  • Sayuran berdaun hijau
  • Ikan
  • Telur
  • Kacang – kacangan
  • Kelompok buah jeruk.

2. Makan banyak buah-buahan dan sayuran : Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

3. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam  , Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

4. Kurangi penggunaan tetes mata , Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

5. Gunakan mentimun  , Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

6. Pakailah kacamata hitam pelindung UV , lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

7. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer , Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.

8. Kenakan kacamata di saat yang tepat , Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

9. Jangan membaca dalam cahaya redup , Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

10. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang , Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

11.Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai , Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

 12. Jangan membaca sambil tidur. Membaca sambil tiduran memiliki efek besar pada pembentukan mata silindris. Walaupun terkadang silindris merupakan keturunan, namun dengan seringnya membaca sambil tiduran akan sangat berpotensi menambah nilai silindris pada mata anda.

13. Jangan membaca dalam gelap . Ketika membaca dalam gelap, maka mata anda akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan cahaya dalam ruangan. Hal ini dapat merusak kinerja mata, dapat menyebabkan mata minus, silindris, dan rasa pegal saat membaca. Hindari membaca di tempat gelap, dan carilah ruangan dengan pencahayaan yang baik untuk membaca.

14.Jangan Terlalu Lama Menatap Komputer . Menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri leher, sakit  pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Dan jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

15.Memakai Kacamata Hitam . Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu. Terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dapat menyebabkan katarak, penyakit makula degenerasi, kornea terbakar, dan bahkan kanker kelopak mata. Oleh karena itu, pakailah kacamata yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB atau memakai topi ketika berjalan-jalan di siang hari.

16.Tidak Merokok . Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak,  degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok juga bisa menumbuhkan plak di aliran darah dan melemahkan arteri hingga menimbulkan risiko serangan jantung.

17. Membuang Makeup Lama . Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh dengan mudah. Buang dan ganti makeup Anda jika sudah 3 bulan digunakan. Selalu ingat untuk tidak meminjam dan meminjamkan makeup dari dan kepada orang lain. Serta pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai makeup. Jika mengalami infeksi ketika mengenakan makeup, hapus riasan dan segera temui dokter.

18. Rajin Olahraga . Penelitian mengungkapkan jika olahraga mungkin dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Dan jika mata terasa gatal atau berubah merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Segera periksakan ke dokter mata jika gejala seperti di atas terus berlanjut. Atau jika mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau setiap kali Anda tidak dapat melihat secara normal. Untuk Anda yang malas ke Dokter kami juga memiliki Obat herbal alami yang aman dan terbaik untuk mata .

Obat herbal alami terbaik , kualitas dijamin , aman dan berkualitas internetional , produk  Made In Jepang ,  Toyo Hakko , PT Firaxis, Suplemen Herbal mata Berrytein .

Apa itu Berrytein ?

Buat Anda yang ingin mendapatkan Obat herbal alami terbaik untuk mata untuk menjaga kesehatan mata atau untuk terapi pengobatan mata , silahkan langsung hubungin CS kami untuk order dan pemesanan via Telphon/wa/sms/bbm. Kami sebagai toko online terpercaya menjual produk – produk herbal asli original.

Artikel Lain mengenai Berrytein klik dan baca link dibawah ini !!!

 

Langsung hubungin CS kami Via TELPHON / SMS / WA / BBM untuk order dan pemesanan !!!

%d bloggers like this: